Merancang Ulang Tata Ruang Kelas: Agar Anak Tidak Merasa "Berbeda"
Tata ruang kelas yang inklusif bukan sekadar soal posisi meja atau kursi, tapi tentang cara menciptakan suasana yang membuat semua anak merasa setara, dihargai, dan nyaman. Misalnya, hindari menempatkan anak berkebutuhan khusus di sudut ruangan atau jauh dari teman-temannya. Sebaliknya, susun meja melingkar atau berkelompok agar anak bisa berinteraksi lebih leluasa. Pastikan juga ruangan memiliki space cukup untuk alat bantu mobilitas dan aktivitas sensorik bila diperlukan.
Setiap sudut kelas bisa dirancang untuk mendukung kebutuhan beragam, ada area tenang untuk anak yang mudah terdistraksi, visual schedule untuk anak dengan kesulitan struktur, hingga bahan ajar multisensori. Dengan desain yang penuh perhatian, ruang kelas menjadi tempat semua anak bisa belajar bersama tanpa merasa “berbeda”, tapi justru merasa menjadi bagian yang dapat mewarnaiproses belajar anak.
Komentar
Posting Komentar